CHAT Via WhatsApp
diposkan pada : 22-01-2022 20:38:20 jumlah kambing untuk aqiqah

Dilihat : kali

Salah satu tradisi umat Islam dalam merayakan kelahiran anak adalah Akika. Aqiqah dilakukan dengan menyembelih hewan ternak seperti kambing. Berapa banyak?

Aqiqah artinya luka bahasa. Menurut pandangan lain, akika adalah istilah untuk rambut yang baru lahir. Menurut terminologi yang dijelaskan dalam kitab Fiqh Ibadah karya Zaenal Abidin, Aqiqah adalah pemberian kepada anak yang baru lahir sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT.

Baca juga: 085780267758 Jual Catering Harian Royal Galaxy Bekasi

Catering Harian Pekayon Jaya Bekasi: Solusi Praktis untuk Masalah Makanan Anda Catering harian Pekayon Jaya Bekasi adalah pilihan sempurna bagi mereka yang mencari solusi praktis untuk kebutuhan makanan sehari-hari. Dengan jadwal yang padat, kadang sulit untuk memasak makanan sehat dan lezat setiap hari. Inilah mengapa catering


Ada banyak hadits di mana dikatakan bahwa Akika adalah wajib dalam Islam. Sebagaimana disebutkan dalam Hadits Sahih Bukhari dalam Sulaiman, Sulaiman Ibn Ami Ad-Dabi Ra. Nabi (damai dan berkah Allah besertanya) mengatakan:

"Anak yang baru lahir hendaknya diaqiqahi. Alirkanlah darah (sembelihan kambing) dan hilangkanlah kotoran serta penyakit yang menyertai anak tersebut (cukurlah rambutnya)." (HR. Bukhari).

Dalam hadits lain apa yang dikatakan oleh Samurah Ibn Jundab, Nabi  berkata:

عَنْ سَمُرَةَ بْنِ جُنْدُبٍ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ كُلُّ غُلاَمٍ رَهِينٌ بِعَقِيقَتِهِ تُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ سَابِعِهِ وَيُحْلَقُ رَأْسُهُ وَيُسَمَّى

Artinya: "Setiap anak yang dilahirkan itu tergadai dengan aqiqahnya, yaitu seekor kambing yang disembelih untuknya pada hari ketujuh, lalu si anak diberi nama dan rambut kepalanya dicukur." (HR. Ahmad, Abu Daud, Tirmidzi, An-Nasa'i, Ibnu Majah, Baihaqi, dan Al-Hakim).

Menurut Mahzab Syafi'i, Aqiqah adalah Sunnah Muakkadah. Atau ibadah yang kinerjanya sangat dianjurkan. Jika dilakukan, ia akan menerima pahala dari Tuhan, tetapi jika tidak dilakukan, itu bukan dosa.

Jumhur ulama mengatakan bahwa akika diadakan hanya untuk anak laki-laki dan perempuan. Hal ini mengacu pada hadits Nabi (saw) di mana dikatakan bahwa Aqaha dilakukan pada hari ketujuh.

Mengenai jumlah hewan di Akika, ada perbedaan antara jantan dan betina. Imam Asi-Siafi, Abu Tsauri, Abu Daud, dan Ahmad, menurut kitab Ibnu Rusid Bidayatul Mujtahid Wa Nihayatul Muqtashid Jilid 1, untuk anak perempuan akikanya satu kambing, dan untuk anak laki-laki dua kambing.

Baca juga: 085780267758 Rekomendasi Tempat Jasa Aqiqah Murah Sesuai Sunnah Di Sukamahi Cikarang Pusat Bekasi

Dapatkan Promo Spesial Untuk Bulan Ini hadiah tanpa di undi Jilbab Traveling, Sepeda anak, Tenda Anak, Satu Set Pisau Dapur, Satu Set Tea Pot, Handuk Cantik Kami Adalah Jasa Catering Aqiqah TERKAI AQIQAH Sejak Tahun 2011 Setia Melayani Bunda & Keluarga Dalam Melaksanakan Aqiqah Untuk Ananda


Pandangan ini disebutkan dalam sebuah hadits shahih yang diriwayatkan oleh Abu Daud. Ummu Kurz al-Qabiya mendengar Nabi berkata:
"Untuk anak laki-laki sembelihlah dua ekor kambing dan untuk anak perempuan satu ekor saja." (HR. Abu Dawud).

Imam Nawawi Rahimahullah menyatakan dalam kitabnya Al-Majmu bahwa hewan yang boleh (secara hukum) disembelih untuk Aqiqah adalah domba dewasa dan kambing dewasa yang sudah memiliki gigi bergerigi (gigi depan). Kambing juga tidak boleh cacat. Secara umum sifat hewan Aqaha sama dengan sifat hewan qurban.

085780267758 Rekomendasi Tempat Jual Jasa Aqiqah Murah Sesuai Sunnah Di Marga Mulya Bekasi Utara

Posting by Admin

085780267758 Rekomendasi Tempat Jual Jasa Aqiqah Murah Sesuai Sunnah Di Marga Mulya Bekasi Utara

Berapa Jumlah Kambing Aqiqah Anak Sesuai Sunnah? Dapatkan Promo Spesial Untuk Bulan Ini hadiah tanpa di undi Jilbab Traveling, Sepeda anak, Tenda Anak, Satu Set Pisau Dapur, Satu Set Tea Pot, Handuk Cantik Kami Adalah Jasa Catering Aqiqah TERKAI AQIQAH Sejak Tahun 2011 Setia Melayani Bunda & Keluarga D



581 Kali